Bantuan UKT terbaru mahasiswa
Bantuan UKT terbaru mahasiswa

Info Bantuan UKT Terbaru Mahasiswa Dari Kemdikbud

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjamin tidak ada mahasiswa yang berhenti kuliah karena alasan tidak mampu membayar biaya kuliah di tengah pandemi Covid-19. Kemendikbud Ristek akan menyalurkan bantuan sebesar Rp 745 miliar untuk bantuan UKT terbaru mahasiswa yang tidak mampu dan terdampak Covid-19 mulai September 2021 . Nadiem Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) mengatakan bahwa bantuan lanjutan UKT yang disalurkan merupakan salah satu bentuk kepedulian dari pemerintah kepada mahasiswa yang terdampak Covid-19.

Pada salah satu acara Peresmian Lanjutan Bantuan Kuota Internet dan Bantuan Uang Kuliah Tunggal tahun 2021 Nadiem mengatakan, “Mendengar banyak sekali keluhan mahasiswa karena terdampak ekonomi dari Covid-19, kami merespons dengan membuat bantuan UKT yang kami lanjutkan,” 

Beberapa ketentuan mengenai penerima bantuan UKT terbaru mahasiswa tersebut

Beberapa ketentuan mengenai penerima dan jumlah bantuan UKT terbaru mahasiswa tersebut Nadiem menjelaskan, bahwa dana bantuan UKT diberikan sesuai besar UKT atau at cost, dengan jumlah maksimal Rp 2,4 juta. “Jika UKT lebih besar dari Rp 2,4 juta, maka babtuan UKT menjadi kebijakan perguruan tinggi sesuai kondisi mahasiswa,” jelas Nadiem

Jadi, yang bisa menerima bantuan UKT terbaru mahasiswa adalah mahasiswa yang masih aktif kuliah, mahasiswa yang memiliki kondisi keuangan keluarga yang membutuhkan bantuan UKT, dan bukan mahasiswa yang berstatus sebagai penerima Bidikmisi atau KIP Kuliah.

Nadiem mengatakan, “Ini adalah untuk mahasiswa yang belum menerima bantuan. Dan kondisi keuangan keluarganya membutuhkan bantuan untuk membayar biaya UKT.”

Cara mendaftar bantuan UKT 

Cara mendaftar bantuan UKT yaitu mahasiswa mendatangi langsung pimipinan perguruan tinggi, selanjutnya pimpinan perguruan tinggi akan mengajukan penerima bantuan ke Kemendikbudristek. Jika mahasiswa dinyatakan berhak menerima bantuan UKT 2021, maka bantuan tersebut akan disalurkan Kemendikbudristek langsung ke perguruan tinggi masing-masing. 

Semua perguruan tinggi terus didorong Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) untuk segera mendata para mahasiswa yang membutuhkan bantuan UKT tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah mahasiswa berhenti kuliah karena terdampak Covid-19 sehingga tidak bisa membayar biaya UKT. Selain itu, kemendikbudristek juga menyediakan advokasi untuk mahasiswa penerima bantuan UKT yang tidak menerima hak tersebut. Mahasiswa yang tidak mendapatkan haknya bisa mengakses situs www.lapor.go.id. dan melaporkan yang terjadi melalui situs tersebut. Jadi jika terdapat perguruan tinggi yang tidak mengajukan bantuan untuk mahasiswanya yang membutuhkan dana bantuan UKT, maka perguruan tinggi tersebut akan mendapat sanksi dari pemerintah berupa penalti kinerja dan berdampak pada alokasi anggaran.

 

Check Also

PIP Kemdikbud 2021

Terbaru PIP Kemdikbud 2021 dicairkan untuk SD,SMP,SMA, dan SMK

Berikut ini akan dijelaskan beberapa informasi tentang PIP Kemdikbud 2021 untuk peserta didik jenjang SD, …