Bantuan Kemensos Cair
Bantuan Kemensos Cair

5 Bantuan Kemensos Akan Cair di Bulan Agustus untuk Keluarga Miskin

Inilah 5 bantuan Kemensos cair di Bulan Agustus tahun 2021 yaitu:

  1. Bantuan pangan non tunai

Bantuan kemensos cair yang pertama yaitu bantuan pangan non tunai masih kembali dicairkan kepada sejumlah keluarga penerima yang belum dicairkan di bulan Juli. Untuk di bulan Juli akan dicairkan hingga 3 bulan sekaligus di bulan Juli. Namun jika penerima belum mendapatkan di bulan Juli maka akan mendapatkan di bulan Agustus. Sampai sekarang masih ada beberapa yang belum dicairkan di bulan-bulan sebelumnya. Untuk mengecek bantuan bisa mengakses pada laman cekbansos.kemensos.co.id untuk memastikan bantuan sudah disalurkan atau tidak.

  1. Program Keluarga Harapan

Program Keluarga Harapan juga kembali dicairkan di bulan Agustus. Karena pada tahap 3 masih ada kurang lebih 2 juta yang belum di beri SK dan akan dicairkan di bulan berjalan yaitu Agustus atau September. Untuk tahap 3 ini sudah sampai pada tahap 5. Jadi untuk penerima yang belum cair semoga segera keluar SP2D yang keluar BNBA nya dari pendamping. Pendamping akan memberi tahu jika nama anda sudah tercantum di SP2D untuk pencairan PKH tahap 3. Untuk mengecek apakah anda sebagai penerima program keluarga harapan, anda bisa mengakses laman cekbansos.kemensos.go.id. Jadi silahkan dicek apakah nama anda masih ada sebagai penerima atau belum.

  1. Bantuan Sosial Tunai

Bantuan ketiga yang bersumber dari Kementerian Sosial yaitu bantuan sosial tunai. Bantuan kemensos cair sejak bulan Juli untuk tahap 5 dan tahap 6 atau tahap 14 dan tahap 15. Untuk saat ini masih ada beberapa wilayah yang belum dicairkan dan akan dicairkan kembali pada bulan Agustus ini. Anda tinggal menunggu giliran daerahnya untuk penyaluran BST. Pada bulan Juli hingga bulan Agustus telah diberlakukan masa PPKM sehingga bisa berdampak pada lambatnya penyaluran BST. Untuk pencairan BST biasanya diantar langsung ke rumah atau diambil di kantor pos maupun kelurahan. 

  1. Bantuan Tunai 200 Ribu

Bantuan ke empat yang dicairkan pemerintah yaitu Bantuan Tunai 200 Ribu. Bantuan langsung dari Kementerian Sosial yang disalurkan karena PPKM yang akan menyasar 5,9 juta KK dengan besar bantuan Rp200.000 per bulan hingga Desember yang akan disalurkan pada bulan Agustus minggu kedua. Jadi bagi masyarakat yang terdampak PPKM pandemi yang belum mendapatkan bantuan yang merupakan usulan langsung dari Pemda silahkan mendaftarkan diri ke Pemerintah Daerah setempat.

  1. Bantuan beras bulog

Menteri sosial juga bermitra atau bekerjasama dengan ferum bulog dalam penyaluran beras seberat 10kg per keluarga penerima manfaat yang dialokasikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat program Keluarga Harapan, 10 juta keluarga penerima manfaat bantuan Sosial Tunai, dan 8,8 juta keluarga penerima manfaat Bantuan pangan non tunai atau BPNT atau yang biasa disebut dengan kartu sembako non PKH. Jadi untuk masyarakat yang berasal dari BPNT tapi tidak menerima PKH bisa menerima bantuan beras ini. Bantuan ini akan dicairkan kepada penerima pada bulan Agustus karena masih belum tuntas disalurkan pada bulan Juli. 

Check Also

Bantuan UKT terbaru mahasiswa

Info Bantuan UKT Terbaru Mahasiswa Dari Kemdikbud

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) …