Terbaru Tahapan Penyaluran BSU 2021

Disini akan dijelaskan informasi tentang tahapan penyaluran bantuan subsidi upah atau BSU tahun 2021 yang bersumber dari BPJS ketenagakerjaan atau kemnaker. Ada beberapa tahapan untuk penyaluran bantuan subsidi upah yang telah dikeluarkan oleh kementerian ketenagakerjaan. Tahapan pertama yaitu verivikasi sesuai dengan Permenaker RI No 16. tahun 2021. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi berdasarkan Permenaker RI No 16. tahun 2021 yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Kategori Peserta Penerima Upah
  3. Statusbaktif posisi 30 Juni 2021
  4. Upah paling banyak Rp3,5 juta (jika UML/UMK> Rp3,5 juta, menggunakan UMP/UMK)
  5. Bekerja du wilayah PPKM level 3 dan 4 (sesuai Inmendagru No 22/2021 dan no 23/2021); dan
  6. Sektor Usaha (diutamakan bekerja di sektor usaha: Transportasi, Industri barang konsumsi, propoerti dan real estate, aneka industri, perdagangan dan jasa (kecuali jasa kesehatan dan pendidikan) sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan tahapan kedua yaitu validasi administrasi dan pembayaran BSU. Jadi semua data penerima BSU akan divalidasi sebagai berikut:

  1. Data penerima kartu prakerja atau program keluarga harapan dan program dana bantuan produktif usaha mikro. Ini dilakukan agar tidak terjadi penerima yang double dari program pemerintah.
  2. Kelengkapan, kesesuaian format, dan duplikasi data. Ini dilakukan untuk menghindari satu orang dapat menerima bantuan yang beragam dari pemerintah karena masih banyak masyarakat yang tidak memperoleh bantuan sama sekali.

Proses pembayaran ke rekening pekerja atau buruh. Bantuan ini hanya akan dicairkan ke Bank Himbara yaitu Bank Himpunan Negaram. Bank yang termasuk Bank Himbara yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN. Khusus di daerah provinsi Aceh akan di proses melalui BSI atauvBank Syariah Indonesia.

Itulah beberapa penjelasan tentang tahapan penyaluran bantuan subsidi upah. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengakses laman BPJSKetenagakerjaan.go.id. 

Kemudian langkah berikutnya silahkan mengecek apakah anda terdaftar sebagai penerima bantuan subsidi upah atau tidak di laman tersebut. Lalu klik pilihan menu cek status calon penerima BSU. Lalu akan muncul tampilan berikutnya. Setelah itu masukkan data diri nomor induk kependudukan, nama lengkap sesuai KTP, tanggal lahir, kemudian centang kotak i’m not a robot. Maka akan muncul informasi apakah anda penerima BSU atau tidak.

 

BACA JUGA  Ternyata Kamu Bisa Dapat Uang Dari Tiktok Lite Rp 300 Ribu Sehari, Download Disini

Check Also

Perbedaan iPhone HDC dan Ori Bisa Kita Ketahui dengan Cara Berikut Ini

Perbedaan iPhone HDC dan Ori terkadang masih menjadi suatu hal yang membingungkan. Bahkan banyak orang …