operasi lasik ditanggung asuransi
operasi lasik ditanggung asuransi

Bingung, Apakah Operasi Lasik Ditanggung Asuransi? Ini Jawabannya

Penyakit adalah penyebab seseorang menjadi tidak produktif dalam bekerja hingga penyebab kematian seseorang. Sekarang banyak orang membayar asuransi untuk mencari perlindungan individu maupun keluarga dari kondisi penyakitnyang di deritanya. Namun, ternyata tak semua penyakit dapat dicover oleh pihak asuransi kesehatan. Karena itu sebelum mencari asuransi anda perlu mengetahui daftar penyakit apa saja yang dapat dicover,  dan tidak dicover, oleh pihak perusahaan asuransi kesehatan.

Asuransi adalah jasa perusahaan yang dapat melindungi dan membantu nasabah atas kerugian yang dialami. Namun, tidak semua produk asuransi kesehatan bisa menanggung atas penyakit dan kondisi tertanggung. Asuransi hanya akan menanggung biaya medis yang memiliki tingkat urgensi tinggi. Jika tidak mendapatkan rujukan dari dokter, maka asuransi tidak bisa menanggung biaya operasi lasik.

Kesalahan umum pemegang polis

Sering terjadi pemegang polis asuransi kesehatan merasa kecewa dan sia-sia telah membeli asuransi. Hal tersebut disebabkan karena ketika dirinya atau keluarganya tidak bisa mendapat jaminan kesehatan atas pengobatan yang dilakukan, dan perusahaan asuransi menolak pengajuan klaim. Masalahnya adalah ternyata pemegang polis belum mengecek secara detail tentang daftar penyakit apa saja yang dapat dicover oleh pihak asuransi. Klaim atas penyakit yang diderita oleh Tertanggung maupun pemegang polis ternyata tidak masuk di dalam daftar penyakit yang dapat dicover oleh pihak asuransi.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memilih produk asuransi, pastikan terlebih dahulu mencari informasi tentang daftar penyakit apa saja yang dapat dicover dan tidak dapat dicover oleh pihak asuransi. 

Apa itu operasi lasik?

Belakangan ini sering mendengar kata operasi lasik. Operasi lasik adalah salah satu solusi permanen untuk orang yang memerlukan kacamata sebagai alat penglihatan menjadi bebas tidak menggunakannya lagi. LASIK adalah singkatan dari Laser-Assisted in Situ Keratomileusis yang merupakan operasi menggunakan laser bertujuan untuk memperbaiki kelainan refraksi pada mata seperti mata  plus (rabun dekat), minus (rabun jauh), hingga silinder. Operasi lasik sudah ada sejak tahun 1980 dan baru masuk ke negara Indonesia pada tahun 1997. Hal ini berarti lasik sudah mengalami perkembangan kemajuan hingga sekarang karena proses operasi lasik sudah menggunakan pisau laser dari yg awal hanya memakai pisau khusus.

Ketika seseorang sudah melakukan operasi lasik maka hal itu dapat membantu seseorang untuk menghilangkan ketergantungan terhadap alat bantu penglihatan seperti kacamata atau lensa kontak.Tetapi masih tetap diperlukan dalam melakukan kegiatan tertentu seperti sedang menyetir kendaraan. Tidak semua penderita kelainan refraksi mata bisa melakukan operasi lasik ini, karena terdapat beberapa pemeriksaan terlebih dahulu sebelum melakukan operasi lasik semua tergantung pada kondisi masing-masing setiap orang. Ada beberapa orang yang tidak diperkenankan untuk melakukan operasi lasik seperti anak dibawah usia 18 tahun, wanita hamil dan menyusui, orang yang menderita penyakit tertentu seperti kelainan refraksi yang tidak stabil atau berubah-ubah, Mata kering yang parah, kelainan refraksi yang sangat parah, Kornea yang terlalu tipis, Kornea yang berbentuk seperti kerucut (keratokonus), riwayat diabetes. Biaya yang dikeluarkan untuk operasi lasik juga terbilang mahal.

Apakah Operasi Lasik Ditanggung Asuransi ?

Operasi Lasik Ditanggung Asuransi jika kondisinya setelah mengalami kecelakaan dan harus membutuhkan penanganan lebih lanjut seperti operasi lasik karena menyebabkan kerusakan mata. Maka dalam hal ini pihak asuransi dapat menanggung biayanya. Jadi pihak asuransi dapat membiayai operasi lasik jika terdapat faktor ketidaksengajaan seperti kecelakaan. Jika dokter memberi rujukan operasi lasik mata harus dilakukan karena berpengaruh terhadap faktor keamanan dan keselamatan, maka biaya rumah sakit akan ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Demikian penjelasan mengenai informasi tentang apakah Operasi Lasik Ditanggung Asuransi atau tidak.

Check Also

daftar asuransi mobil online

Inilah Rekomendasi Daftar Asuransi Mobil Online Terbaik

Mobil merupakan kendaraan impian semua orang. Mobil yang sudah dibeli tersebut pasti ingin dijaga agar …

Leave a Reply