Cara Promosi YouTube Channel
Cara Promosi YouTube Channel

Tips Rahasia Cara Promosi YouTube Channel Untuk Pemula

Banyak pengguna youtube yang sudah memiliki konten tetapi bingung karena jumlah viewnya tidak ada perkembangan. Berikut ini akan dijelaskan solusi untuk cara promosi YouTube channel. Video di youtube sangat banyak sekali hingga mencapai 500 jam setiap menit yang diunggah. Ini menyebabkan banyak video yang tidak mendapat perhatian dari penonton youtube. Mempromosikan video penting dilakukan untuk mengembangkan channel youtube anda. Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang cara promosi YouTube channel. Anda harus tau target penonton video anda ini penting karena anda dapat mengetahui faktor yang membuat penonton tertarik dengan video anda. 

Berikutnya akan dibahas cara promosi YouTube channel:

  1. Memanfaatkan topik yang banyak dicari orang. Buat video mengenai topik tersebut. Anda bisa memanfaatkan keywoard yang paling sering dicari oleh penonton. Jika video anda terdapat pada keywords yang dicari penonton kemungkinan target penonton akan lebih besar.
  2. Menggunakan alat promosi di video anda. YouTube menyediakan tiga alat yang digunakan untuk melakukan promosi video. Alat tersebut dapat digunakan secara gratis yaitu: watermark, anda dapat menambahkan logo channel anda di video agar apabila penonton mengeklik logo tersebut mereka akan otomatis berlangganan ke channel anda. Alat yang kedua yaitu cards. Fitur ini menampilkan tombol tanda seru di pojok kanan atas video. Apabila penonton mengeklik tombol cards maka akan otomatis menampilkan rekomendasi video dari channel anda. Alat yang ketiga adalah Enda screens. Fitur ini menampilkan video lain dari channel anda. Biasanya muncul lima sampai dua belas detik pada bagian akhir video. Fitur ini juga menampilkan tombol subscribe.
  3. Membuat postingan di community. Fitur ini memberikan tempat untuk berinteraksi dengan subscriber. Fitur ini juga bisa digunakan untuk memposting video.
  4. Mengamati, meniru, dan memodifikasi video anda. Carilah channel yang berkualitas dan populer, pelajari cara mereka mempromosikan video dengan memperhatikan beberapa faktor berikut: Cara menyampaikan konten, kualitas audio dan video, judul video hingga isi konten. Anda bisa menerapkan ilmu tersebut pada video anda. 
  5. Mengisi profil channel anda. Hal ini bertujuan agar apabila penonton masuk ke profil anda menjadi lebih tertarik dengan channel anda. Hal pertama yang mereka lihat adalah cover channel, pastikan anda memasang cover yang berkualitas. Cantumkan juga deskripsi channel dan informasi kontak anda. Anda juga bisa menambahkan akun sosial media di cover.
  6. Membuat intro dan outro video. Hal ini akan memberikan ciri khas pada video anda. Biasanya menggunakan klip, gambar. Pastikan intro dan outro yang anda buat tidak membuat penonton bosan seperti durasi yang terlalu lama, volume yang terlalu berisik, tidak sesuai dengan tema hingga kualitas gambar yang tidak bagus.

Selain cara diatas masih banyak cara promosi YouTube channel seperti memberikan deskripsi video yang menarik, membuat video terlihat menarik, berkolaborasi dengan youtuber lain, memanfaatkan like, share dan subscribe, memanfaatkan fitur tag, membuat trailer, menambahkan video dalam playlist, menawarkan giveaway, membuat iklan video anda dan masih banyak lagi.

BACA JUGA  Tips Paling Mudah Cara Menghilangkan Iklan YouTube di Android

Check Also

League Of Legends Wild Rift Tips Bermain Agar Lebih Pro

League of legends wild rift merupakan salah satu game baru yang kini banyak peminatnya. Game …

Leave a Reply