Cara Cek Data bantuan UMKM secara online, Begini caranya

Sejak terjadinya pandemi di Indonesia, memiliki dampak yang buruk terhadap perekonomian umkm Indonesia. Oleh karena itu pemerintah memberikan bantuan sosial kepada pengusaha umkm agar dapat melanjutkan perekonomiannya walaupun terdampak pandemi. Blt atau banprrs ini diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar 1,2 juta per perusahaan dalam sekali pencairan. Proses pencairannya pun juga melalui sistematika yang teratur agar terhindar dari penyalahgunaan dan supaya bantuan tepat sasaran. Penyaluran bantuan ini diberikan pemerintah dengan melalui 2 Bank besar yaitu Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) dan Bank BNI (Bank Negara Indonesia). Apabila penerima bantuan belum memiliki rekening bank maka akan dibuatkan saat pencairan. Bantuan yang diberikan bukan berupa pinjaman melainkan hibah sehingga tidak ada biaya tambahan ketika proses pencairan berlangsung.

Apa saja syarat yang diperlukan untuk memperoleh bansos?

Sesuai peraturan Menteri Koperasi dan UKM nomor 2 tahun 2021 penerima bansos harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Memiliki usaha mikro atau usaha kecil menengah dibuktikan dengan surat proposal calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya
  2. Memiliki KTP elektronik
  3. Warga Negara Indonesia
  4. Bukan ASN, TNI/Polri, atau pegawai BUMN/BUMD

Bagaimana cara mendapatkan bansos?

Untuk masyarakat yang memenuhi kriteria persyaratan di atas dapat mengajukan diri dengan cara menghubungi dinas koperasi UMKM di daerah dengan melengkapi beberapa berkas seperti berikut:

  1. NIK atau Nomor KTP
  2. Nama lengkap
  3. Alamat tempat tinggal
  4. Bidang usaha
  5. Nomor telepon

Untuk usaha yang alamatnya berbeda dengan tempat tinggal harus melampirkan berkas surat keterangan usaha atau SKU. Pendaftar juga dapat menghubungi beberapa instansi lain seperti :

  1. Koperasi yang sudah disahkan badan hukum
  2. Kementerian/lembaga
  3. Perbankan atau perusahaan pembiayaan yang terdaftar OJK.

Bagaimana cara mengecek bansos?

Setelah melakukan pendaftaran dan melengkapi berkas pendaftar bisa mengecek apakah diterima atau tidak. Pengecekan BLT bisa dilihat pada laman https://eform.bri.co.id/bpum. Melalui layanan ini pendaftar tidak perlu datang langsung ke Bank cukup dengan membuka laman tersebut dan memasukkan NIK, setelah itu menjawab perhitungan matematika untuk verivikasi. Lalu klik proses inquiry. Kemudian hasilnya akan keluar apakah pendaftar diterima atau tidak sebagai penerima BPUM 2021.

BACA JUGA  Lowongan kerja Terbaru 2021 PT Indofood CBP untuk lulusan SMA/SMK , D3 dan S1
Apa saja yang harus disiapkan setelah diterima bansos?

Pendaftar yang sudah terdaftar sebagai penerima datang ke Bank dengan membawa berkas sebagai berikut:

  1. Buku tabungan
  2. Kartu ATM dan identitas diri
  3. Surat pernyataan
  4. Surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) dan kuasa penerimaan dana banpres

Penyaluran BLT tahap satu hampir mencapai 100 persen dengan penerima sebanyak kurang lebih 9 juta orang. Pemerintah akan menambah kuota penerima sebanyak 3 juta sehingga total penerima bantuan BLT ada 12 juta orang. Bantuan ini dilakukan pemerintah untuk membantu pengusaha mikro yang terdampak pandemi.

Check Also

PIP Kemdikbud 2021

Terbaru PIP Kemdikbud 2021 dicairkan untuk SD,SMP,SMA, dan SMK

Berikut ini akan dijelaskan beberapa informasi tentang PIP Kemdikbud 2021 untuk peserta didik jenjang SD, …

Leave a Reply